6 Alasan Mengapa Baterai Handphone Bocor

Di zaman sekarang, hampir semua orang punya smartphone. Banyak yang nyebutnya sebagai kebutuhan primer. Karena ponsel bisa bantu dalam segala hal, kayak cari info cepat atau kasih hiburan non-stop, banyak orang anggep ponsel jadi barang penting banget, kayaknya. Seperti barang lainnya yang dibuat manusia, smartphone juga bisa bermasalah. Salah satunya baterainya bisa bocor kalau udah dipake lama. Ternyata, ada beberapa alasan kenapa baterai HP bisa bocor. Penasaran? Yuk, Simak 6 alasan kenapa baterai HP bisa bocor dan gimana cara mengatasinya.

 

Charge HP Tidak Penuh

Baterai HP bisa rusak karena sering charge tapi gak sampe full. Jadi, baterai bisa bocor apalagi kalau HP-nya pake baterai Li-Ion. Baterai ini punya batas umur tergantung berapa kali kita charge. Jadi, semakin sering charge, meskipun gak sampe full, umurnya bakal berkurang dan dayanya jadi lemah.

Nah solusinya, biasakan untuk nge-charge HP sampe penuh. Jangan lepas charger sebelum bener-bener full ya.

 

Pakai HP di Suhu yang Panas

Memakai HP di saat suhu yang panas banget juga bisa bikin baterai bocor, loh. Misalnya kena terik matahari atau main game sampe HP panas banget. Jadi, kalau HP kamu panas, istirahatkan HP sebentar dan kurangin main game di luar.

 

Charge HP Saat Baterai Masih Banyak

Kalau kamu sering nge-charge baterai sebelum benar-benar low batt, itu juga bisa bikin baterai jadi bocor. Jadi, lebih baik tunggu baterai sampe sekitar 15% atau 10% baru di-charge biar umur baterai jadi lebih awet.

 

Main HP sambil Charge HP

Main HP sambil dicharge itu tidak disarankan banget. Lebih baik istirahatkan HP-nya pas di charge biar baterai bisa isi dengan baik. Kalo sering main sambil dicharge, baterai bisa cepet abis dan itu tandanya baterai kamu bocor.

 

Pakai Charger yang Sembarang

Pastikan kamu selalu perhatikan charger yang dipakai ya. Penting banget tahu seberapa kuat daya keluarannya dan cocok gak buat HP kamu. Soalnya, kalo nggak sesuai, bisa bikin baterai jadi bocor. Gak harus selalu pakai charger asli biar HPnya tetap awet, karena sekarang banyak aksesoris yang punya lisensi dari brand HP, jadi aman dipakai. Cuma yang harus diperhatikan itu kekuatan arusnya biar baterainya biar baterainya aman.

 

Charge Semalaman

Jangan biarkan HP terhubung ke charger semalaman. Meskipun niatnya agar baterai siap pakai saat bangun, kebiasaan ini bisa bikin baterai rusak. Lebih baik cabut charger begitu baterai penuh.

 

Jadi, ada beberapa alasan kenapa baterai bisa bocor yang penting buat kamu pahami. Sekarang udah tau penyebabnya, lebih baik dihindari biar baterai HP-nya tetap awet ya.

 

 

Valensia – UKDW’20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *