Tips untuk Memotret Makanan yang Menarik Menggunakan Smartphone

Sekarang, banyak yang suka nongkrong di kafe dan foto-foto makanannya, lalu di-share ke sosmed. Tapi, memotret makanan pake smartphone memang agak tricky ya, tapi dengan beberapa trik, hasil fotonya bisa jadi keren. Di zaman media sosial yang kebanjiran foto makanan, keterampilan foto makanan yang oke bisa bikin hidangan lo makin kece dan bikin orang-orang penasaran. Mulai dari pencahayaan yang pas sampe komposisi yang eye-catching. Nah, berikut ini tips untuk memotret makanan yang menarik menggunakan smartphone.

 

Gunakan Pencahayaaan Alami

Dalam foto makanan, cahaya alami itu berguna banget, lho. Ga cuma bikin foto jadi bagus, tapi juga bikin makanannya keliatan lebih menarik. Tapi, ya, harus hati-hati sama sorotan cahaya langsung, nanti malah bikin silau atau bayangan aneh-aneh. Gak perlu pakai flash smartphone kamu juga ya, apalagi buat foto makanan karna ada pantulan cahaya yang bikin mengganggu. Makanan jadi keliatan kurang oke, deh.

Pokoknya, pencahayaan yang pas bikin tekstur dan warna makanan jadi keliatan top. Lebih baik pake cahaya alami, kayak dari jendela atau samping, biar ada bayangannya dan makanannya jadi keliatan makin menarik.

 

Gunakan Angle Berbeda

Tips untuk memotret makanan yang menarik menggunakan smartphone selanjutnya adalah dengan angle atau sudut yang beda. Misalnya, kalau makanan di mangkok, kayak ramen, mendingan diambil dari atas biar keliatan semua isinya. kalau misalnya lagi foto kimbap yang warnanya bagus-bagus, angle 45 derajat biasanya oke banget buat bikin kimbap keliatan jelas dan menarik. Contoh lainnya, motret burger atau kue lapis, biasanya lebis cocok dengan agle eye level atau ketika kita ngeliat makanan sejajar sama mata kita. Jadi, kita bisa lihat detailnya dengan jelas.

 

Tambahkan Elemen Tambahan Pada Foto

Pastikan kamu memikirkan bagaimana menata dan menghias hidangan dengan baik sebelum mengambil foto. Misalnya, untuk hidangan Korea, gunakan sumpit dan sendok yang menarik sebagai aksen, dan pastikan proporsinya pas. Tambahkan elemen ekstra seperti bunga atau bahkan orang untuk memberikan sentuhan khusus pada foto. Plating yang kreatif bisa sangat menarik bagi pelanggan, jadi jangan takut untuk mencoba hal baru. Ingatlah bahwa meskipun foto bisa terlihat menggiurkan, mereka tidak bisa menunjukkan rasanya. Jadi, tambahkan sedikit dekorasi seperti herba segar atau sayuran untuk menambah warna dan tekstur yang menarik.

 

Hindari Menggunakan Fitur Zoom

Biasanya kalau zoom-in di Smartphone, gambar jadi terlihat kurang bagus. Soalnya, zoom digital itu cuma bikin piksel di gambar lebih besar aja, jadi bisa bikin gambarnya jadi kurang jelas dan detilnya ilang. Lebih baiknya, kalau mau ambil foto objek dekat lebih baik langsung dekatin smartphone ke objeknya. Hasilnya akan lebih oke, detailnya lebih keliatan dan gambarnya lebih tajam.

 

Jadi, tips untuk memotret makanan yang menarik menggunakan smartphone. Gak perlu kamera fancy, cukup pakai smartphone aja. Dengan pencahayaan yang pas, angle yang beda-beda, dan tambahan elemen kreatif, foto makananmu bisa jadi bikin menarik orang-orang yang lihat hasil foto kamu.

 

Valensia – UKDW’20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *