Fitur Telegram yang Jarang Diketahui tapi Menarik

Siapa bilang Telegram cuma sebatas aplikasi pesan dan panggilan biasa? Ternyata, di balik fitur-fitur utamanya, Telegram menyimpan sejumlah fitur tersembunyi yang cukup menarik. Kamu mungkin belum tahu bahwa Telegram punya kemampuan untuk menjadwalkan pesan, mengirim pesan tanpa suara, bahkan memindahkan obrolan dari WhatsApp tanpa repot. Yuk, kita kupas satu per satu fitur menarik yang jarang diketahui ini!

 

Pesan dijadwalkan

Fitur tersembunyi tapi menarik yang pertama, pesannya bisa kamu jadwalkan. Caranya gampang banget loh, tinggal tulis pesannya seperti biasa. Terus tahan tombol kirim, nanti muncul pilihan “Jadwalkan Pesan”. Terus kamu bisa pilih tanggal dan jamnya, lalu sent! Gampang kan?

 

Pesan tanpa suara

Di Telegram, kamu bisa kirim pesan tanpa bikin bunyi notifikasi ke penerima, loh. Untuk buat pesan tanpa diam-diam ini caranya hamper sama kayak pesan dijadwalkan. Kamu bisa tulis pesan kayak biasa, tahan tombol “Kirim”, pilih “Kirim Tanpa Suara” dari menu yang muncul. Jadi, bisa nyaman ngirim pesan tanpa gangguin mereka.

 

Pindahkan chat WhatsApp ke Telegram

Fitur tersembunyi yang paling menarik nih, di Telegram versi 7.4, ada fitur baru. Kamu bisa pindahin obrolan di WhatsApp ke telegram tanpa khawatir kalau riwayat obrolan kamu bakal ilang. Jadi, begini caranya, kamu mulai dari WhatsApp, buka obrolan yang kamu mau, terus di menu titik tiga vertical pilih “Lainnya” lalu, pilih aja opsi untuk ekspor obrolannya. Nah, setelah itu, tinggal bagikan file yang kamu ekspor tadi ke Telegram, dan nanti aplikasinya bakal langsung ngerti kalau obrolan itu dari WhatsApp, trus langsung mentransfernya.

 

Folder untuk obrolan

Fitur lain yang menarik lagi nih, kamu bisa buat folder untuk kelompokin obrolan-obrolan yang kamu punya. Jadi kamu bisa bikin obrolan di messenger tetap rapi. Caranya gampang juga. Kalau pakai Android, tinggal masuk ke pengaturan, pilih menu Folder, trus atur obrolan Telegram sesuai keinginan. Kalau pakai iPhone, tinggal tahan lama tab obrolan, nanti menu buat bikin folder akan muncul.

 

Foto atau video bisa terhapus otomatis

Kamu bisa nih, pake fitur di Telegram buat kasih tahu pesan yang kamu kirim ke seseorang bakal hilang sendiri setelah mereka buka. Caranya mudah, tinggal pilih obrolan yang mau kamu kirim pesan, nanti klik ikon kertas buat masukin foto atau video yang kamu mau. Terus, klik stopwatch buat atur berapa lama pesannya bakal hilang, bisa dari 1 detik sampe 1 menit. Kalo mau gak pake fitur itu, bisa juga kok di-off. Terakhir, klik done dan send buat kirim pesannya. Gitu aja, simple kan?

 

Jadi, itulah beberapa fitur Telegram yang jarang diketahui tapi menarik. Dari fitur menjadwalkan pesan hingga kemampuan mentransfer obrolan dari WhatsApp, Telegram menyediakan sejumlah fitur yang mungkin belum banyak orang tahu. Masih ada banyak fitur lain yang belum selain fitur-fitur di atas. Jangan ragu untuk coba-coba fitur keren aplikasi ini dan nikmati kemudahannya saat ngobrol atau berkomunikasi!

 

Valensia – UKDW’20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *