Keunggulan GPT-4o, Model Kecerdasan Buatan yang Baru Dirilis

 

OpenAI baru aja nge-launch GPT-4o, model AI paling baru. Apa sih keunggulan GPT-4o, model kecerdasan buatan yang baru dirilis GPT-4o? Seperti GPT-3.5 atau GPT-4 Turbo, tapi bedanya, GPT-4o bikin ngobrol sama chatbot jadi lebih seru dan terasa lebih nyata. Menariknya, huruf “o” di GPT-4o itu sebenernya singkatan dari “omni” dalam bahasa Inggris, artinya sebar bisa. Jadi, model AI ini punya kemampuan banyak banget, dari memproses teks, gambar, sampai suara. Bisa dibilang, GPT-4o ini seperti jack-of-all-trades dalam dunia AI!

GPT-4o sudah tersedia lewat ChatGPT, baik yang gratisan atau yang bayar (Plus dan Team). Kalau pakai yang bayar, kita dapat bonus lebih, yaitu Rate limit lebih banyak buat kirim pesan ke ChatGPT. Rate limit itu seperti batasan jumlah berapa kali kita bisa minta ChatGPT untuk jawab pertanyaan atau bantu kita dengan sesuatu. Jadi, kalau kita terlalu sering minta ChatGPT untuk bantu, batasnya akan cepat habis. Dan kalau udah kelewatan, kita kan dikasih ChatGPT versi lama, yaitu GPT-3.5. Jadi, lebih baik gunain ChatGPT secukupnya aja biar bisa terus nikmatin fitur-fitur canggihnya tanpa kehabisan batas.

GPT-4o punya fitur suara yang sebenarnya udah ada di model-model AI sebelumnya, tapi keunggulan GPT-4o, model kecerdasan buatan yang baru dirilis GPT-4o ini sekarang diklaim lebih mirip manusia gitu kerena intonasinya lebih terasa dan bisa menunjukan emosi seperti manusia.

Di video di YouTube-nya, para bos besar dari OpenAI, termasuk Chief Technology Officer (CTO) Mira Murati dan dua temannya, mencoba kemampuan GPT-4o. Mereka tunjukin kalau GPT-4o bisa kasih feedback dan solusi ke pengguna kalau mereka bikin kesalahan.

GPT-4o memproses semua itu langsung dari suara kita dengan cepat, jadi seperti sedang ngobrol dengan teman. Responsnya juga tidak kalah cepat dari Google Assistant atau Siri, malah lebih gesit gitu. Jadi, rasanya bener-bener kayak lagi ngobrol sama orang sungguhan. Tidak hanya itu, GPT-4o ini bisa ketawa atau kesel gitu, dan intonasinya juga bisa disesuaikan, mulai dari yang lembut sampai yang keras, dan ada juga yang kaya suara robot.

Nah keunggulan GPT-4o, model kecerdasan buatan yang baru dirilis GPT-4o lainnya adalah GPT-4o juga bisa langsung menerjemahkan bahasa, lho! Dalam videonya, GPT-4o bisa menerjemahkan langsung dari suara ke bahasa lain. Jadi, kalau bahasanya didukung oleh ChatGPT, bisa langsung diterjemahin. Selain itu, GPT-4o jago banget nih dalam ngasih deskripsi gambar, dan dia juga bisa nyariin semua info penting dari gambar itu.

 

Jadi, GPT-4o ini model terkeren dari OpenAI karena bisa lebih manusiawi. Fitur-fiturnya keren banget, dari respons suara yang lebih alami sampai bisa menerjemahkan langsung dari suara ke bahasa lain. Selain itu, dia juga pintar banget dalam ngasih deskripsi gambar. Overall, GPT-4o tuh emang bikin ngobrol sama AI jadi lebih seru dan berguna!

 

Valensia – UKDW’20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *