Langkah-langkah Mengaktifkan NFC di HP Samsung

 

Buat kalian yang pake HP Samsung, mau tau cara nyalain fitur NFC? Nah, kalo udah aktif, bisa loh bikin transaksi tanpa tunai alias cashless. Praktis banget kan? Sebelum mulai, cek dulu apa sih NFC itu dan apa aja yang bisa dilakukan sama fitur keren ini, kemudian gimana langkah-langkah mengaktifkan NFC di HP Samsung.

 

Apa itu NFC?

NFC itu singkatan dari Near Field Communication, atau dalam bahasa Indonesia, Komunikasi Dekat. Menurut Android Authority, teknologi ini bisa menghubungkan dua atau lebih perangkat dengan mudah. Nah, teknologi ini pakai sinyal radio buat ngehubungin kedua perangkatnya. Yang keren, NFC nggak butuh internet, jadi bisa dipake kapan aja, bahkan kalo lagi nggak ada paket data atau Wi-Fi.

Nah, konsep kerjanya mirip Bluetooth, yang kirim-kirim info terenkripsi antar perangkat yang terkoneksi. Nah, yang bikin keren, NFC punya beberapa fungsi, salah satunya yang paling populer ya buat transaksi non-tunai. Jadi, bisa bayar belanjaan tanpa ribet bawa uang cash.

Fitur ini bisa nyimpen data dengan detail banget, kayak di aplikasi QRIS, kartu debit, kartu kredit, dan sejenisnya. Bahkan, di beberapa ponsel, NFC bisa jadi pengganti kartu transportasi loh. Gak cuma itu, bisa juga buat kirim dokumen atau media lainnya.

Dengan beragam fungsi yang ditawarkan, NFC jadi fitur yang banyak dicari sebelum beli ponsel Android. Nah, contohnya ponsel merek Samsung. Di laman resminya, disebutin kalo banyak ponsel Samsung yang udah dukung NFC, mulai dari seri Z, S, Note, sampe seri A. Jadi, banyak pilihan nih buat yang butuh fitur keren ini.

 

Langkah-langkah mengaktifkan NFC di HP Samsung

Ini dia langkah-langkah mengaktifkan NFC di HP Samsung. Yuk, simak langkah-langkahnya!

  1. Buka pengaturan (Settings) di HP kamu.
    Masuk ke menu Pengaturan yang ada di HP kamu.
  2. Cari menu “NFC and payment” atau “NFC dan pembayaran”
    Gulir layar dan temukan opsi Connection. Fitur NFC ada pada menu NFC and Contactless payment.
  3. Aktifkan NFC dengan menggeser tombol yang ada ke posisi “On” atau “Aktif”.
    Langkah-langkah mengaktifkan NFC di HP Samsung yang ketiga ini  tinggal ketuk aja opsi “NFC and Contactless Payment,” trus klik tombol disampingnya sampe jadi aktif.
  4. Atur Pembayaran Melalui NFC Samsung
    Nah, kalo kamu mau pake NFC buat bayar belanjaan, tinggal klik aja “Contactless Payment” di bagian bawah. Trus, pilih aja layanan pembayaran mobile yang kamu punya, kayak Samsung Pay, GPay, atau yang lainnya. Abis itu, tinggal ikutin aja petunjuk di layar HP kamu buat selesain transaksinya. Gampang, kan?
  5. Nonaktifkan NFC
    Setelah selesai bayar, jangan lupa untuk matiin fitur NFC-nya dengan cara tekan tombol di sebelah opsi “NFC and Contactless Payment” sampe jadi off.

Nah, itu langkah-langkah mengaktifkan NFC di HP Samsung. Setelah atur alat pembayarannya, pengguna Samsung bisa langsung akses fitur itu dengan cepet lewat bar notifikasi. Praktis banget, kan? Jadi, tinggal sentuh aja, langsung bisa bayar belanjaan.

Valensia – UKDW’20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *