Rumor iPhone 16 yang akan Rilis Tahun 2024

Udah lebih dari enam bulan sejak iPhone 15 dan iPhone 15 Pro rilis, tapi udah banyak banget rumor tentang iPhone 16 yang beredar. Nggak heran sih, kayak kebanyakan iPhone sebelumnya, diperkirakan Apple bakal umumin dan rilis iPhone. Katanya nih, iPhone 16 dan iPhone 16 Pro bakal muncul sekitar bulan September 2024.

Untuk iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, Apple bakal nggak lagi pake tata letak kamera diagonal yang udah dipake selama beberapa tahun belakangan ini.

Jadi, katanya Apple mau kembali ke desain kamera kayak di iPhone X, cuma kali ini agak lebih gede. Buat iPhone 16 Pro sama Pro Max, sepertinya desainnya nggak bakal beda jauh. Oh ya, ada bocoran juga soal ada tombol “Capture” di pojok kanan bawah ponsel.

 

Layar

Kayaknya nih, ada beberapa perubahan ukuran layar buat model iPhone 16 Pro. Layarnya mungkin bakal naik jadi 6,3 inci dari yang sebelumnya 6,1 inci. Sementara buat iPhone 16 Pro Max, layarnya bakal lebih gede lagi, sekitar 6,9 inci. Apple juga bakal ngurangin bezel di semua modelnya, tapi perubahan paling kentara bakal terlihat di model Pro.

 

Spesifikasi

Katanya, iPhone 16 sama iPhone 16 Plus bakal pake chip A18, sementara yang Pro bakal dapetin chip A18 Pro. Jadi, mungkin nanti iPhone reguler nggak bakal jauh beda spesifikasinya sama yang Pro. Belum jelas sih perbedaan antara A18 dan A17 Pro yang dipake di iPhone 15 dan iPhone 15 Pro. Tapi, A18 dan A18 Pro bakal diproduksi sama TSMC pake proses 3nm generasi kedua “N3E”. Ini katanya bakal lebih murah dan hasilnya lebih bagus dari “N3B” yang dipake buat A17 Pro, menurut TSMC.

 

Kamera Vertikal

Seperti yang udah disebutin sebelumnya, iPhone 16 dan iPhone 16 Plus bakal punya tata letak kamera ganda dengan modul kamera yang berbentuk pil vertikal. Sementara iPhone 16 Pro dan

iPhone 16 Pro Max kelihatannya bakal tetep pake tata letak kamera tiga lensa yang udah dipake beberapa tahun terakhir. Meskipun model dasarnya bakal punya tata letak kamera yang beda, kayaknya spesifikasi kameranya nggak bakal diupgrade. Tapi, beda cerita buat model Pro. Apple mungkin bakal nambahin lensa ultrawide di iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max jadi sensor 48 megapiksel – peningkatan yang besar dari 12MP yang ada di iPhone 15 Pro sekarang. Buat baterainya, kayaknya kita bakal lihat masa pakai baterai yang lebih bagus di model iPhone 16 Pro, karena katanya bakal pake teknologi baterai bertumpuk.

 

Software dan Update

Kayaknya iOS 18 bakal dirilis barengan dengan iPhone 16 nanti. Kabarnya, Apple lagi usaha buat nge-boost kecerdasan buatan (AI) di Siri. Ada beberapa fitur AI yang mungkin bakal ada, kayak peningkatan interaksi dengan Siri dan Pesan, daftar putar Apple Music yang lebih canggih yang dibikin otomatis, integrasi dengan aplikasi produktivitas, dan masih banyak lagi.

 

Itulah spesifikasi iPhone 16. Namun, ini cuma sebagian kecil dari rumor dan bocoran tentang iPhone 16. Harus diingat ya ini semua belum dikonfirmasi resmi sama Apple, jadi spesifikasinya bisa beda nanti. Kita tunggu aja deh kabar resminya dari Apple!

 

Valensia – UKDW’20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *