Pertemuan Jokowi dengan CEO Apple Mendorong untuk Bangun Pabrik di Indonesia

 

Permintaan Presiden Jokowi Bawa Pabrik Apple ke RI

Menteri Kominfo, Budi Arie Setiadi, menyampaikan tentang diskusi antara Jokowi dan CEO Apple, Tim Cook, di Istana Jakarta, Rabu (17/4) pagi.

Menurutnya, Presiden Jokowi minta Apple buat pabrik di Indonesia, terutama karena produk Apple laku keras di Indonesia dengan imporannya mencapai USD 2 miliar tiap tahun.

“Pasarnya sudah begitu terbuka, pengguna produk Apple juga banyak. Kita jangan hanya impor begitu aja, kalau bisa ada nilai tambahnya di Indonesia,” kata Budi Arie Setiadi dalam jumpa pers di Kantor Kementerian Kominfo di Jakarta Pusat hari itu.

Budi Arie juga bilang, dengan adanya pabrik di Indonesia, negara kita nggak cuma jadi tempat jualan, tapi juga jadi bagian penting dari seluruh rantai pasokan industri teknologi dunia.

“Karena ada 360 komponen handphone misalnya, cuma 2 yang dibuat Indonesia dibandingkan Vietnam 72 komponen. Jadi, presiden juga sampaikan supaya meminta Apple untuk meningkatkan peran Indonesia dalam global supply chain,” tambahnya.

 

Jawaban Team Cook terkait Permintaan Presiden Jokowi

Cook bilang Apple bakal mempertimbangkan usulan dari Jokowi buat bikin pabrik di Indonesia. Dia juga ngerasa Indonesia punya peluang investasi besar dan jadi pasar yang penting buat Apple.

“Saya rasa kemampuan investasi di Indonesia tidak ada habisnya. Saya pikir ada banyak tempat bagus untuk berinvestasi dan kami sedang berinvestasi. Kami percaya pada negara ini,” ungkapnya

Agus nambahin lagi, Jokowi juga minta agar Apple nggak cuma fokus investasi di Apple Developer Academy yang udah ada di tiga kota.

Apple Developer Academy sekarang ada di Batam, Surabaya, dan Tangsel, dengan total investasi sebanyak Rp 1,2 triliun. Nah, Apple juga bakal buka satu lagi di Bali, jadi total investasinya bakal naik jadi sekitar Rp 1,6 triliun.

“Presiden juga sampaikan satu ide agar di luar membentuk Apple Developer Academy, juga bikin inovasi center bekerja sama dengan top university yang ada di indonesia. itu satu hal yang pak cook sangat eager untuk dilakukan follow up,” katanya.

Mengutip dari laman resmi Apple, Apple Developer Academy yang keempat ini bakal dibuka buat nambah investasi dan kasih peluang lebih banyak buat pengembang, pelajar, dan pengusaha yang mau merintis karier di industri aplikasi iOS.

Supaya lebih terbuka dan mendorong keberagaman budaya, Apple Developer Academy di Bali bakal buka pendaftaran buat orang dari mana aja di dunia, ga tergantung dari latar belakang pendidikan atau pengalaman pemrograman mereka.

Selain itu, Budi Arie juga bilang Jokowi ngajak Apple ikutan dalam pengembangan smart city di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

 

Valensia – UKDW’20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *