Tips untuk Meningkatkan Kinerja HP di Android

 

Seiring waktu berlalu, HP kita jadi semakin lambat ya, bahkan yang paling canggih pun begitu. Aplikasi makin berat, ruang penyimpanan makin penuh, dan sistem operasi semakin berat juga. Jadi, HP jadi lemot gitu. Kalo lagi buka aplikasi, lama banget, kerjaan di HP jadi nggak kelar-kelar, main game juga jadi lag atau patah-patah. Bikin ribet deh pokoknya.

Nah, masalah-masalah ini bisa bikin kita jadi kesel banget sampe bikin emosi nggak karuan. Meskipun reset data pabrik keliatannya kayak solusi cepet, tapi sebenernya ada cara yang lebih bagus buat bikin HP Android kita kaya baru lagi selain restart HP. Di artikel ini bakalan kita bahas tips untuk meningkatkan kinerja HP. Yuk, simak terus!

1. Matikan atau Kurangi Kecepatan Animasi

Animasi di Android bikin tampilan jadi lebih keren ketika buka aplikasi atau ganti antarmuka. Tapi, kadang animasi itu bikin HP jadi lelet. Nah, tips untuk meningkatkan kinerja HP yang pertama, coba matiin atau atur animasinya lebih lambat lewat pengaturan developer.

Pastikan kamu nyalain Developer Mode dulu sebelum matiin animasi di ponsel. Ingat, opsi buat matiin animasi itu nyempil di menu Pengaturan Android. Nyalain Developer Mode bisa agak beda-beda tergantung versi Android dan tampilan unik dari pabrikan HP kamu. Nah, berikut ini panduan simpel buat nyala-in Developer Mode.

  • Buka aplikasi Settings.
  • Pergi ke About Phone atau About Device tergantung nama opsi ini di HP kamu.
  • Cari label Build Number.
  • Ketuk opsi Build Number beberapa kali secara cepat. Kamu akan diminta masukin PIN atau kata sandi layar kunci HP untuk alasan keamanan.
  • Setelah kamu berhasil aktifin Developer Mode, kamu akan dapat mengakses pengaturan utuk menonaktifkan animasi.

Setelah kamu aktifin opsi Developer Mode, kamu bisa matiin atau kurangi kecepatan animasi. Berikut caranya.

  • Buka aplikasi Settings.
  • Cari opsi Developer Mode dengan menggulir ke bawah di menu pengaturan. Tapi, ingat ya, tempatnya bisa beda-beda tergantung merek HP kamu.
  • Dalam Developer Mode, cari bagian berlabel Drawing atau Animation.
  • Sentuh aja opsi animasi yang mau kamu atur. Kamu bisa matiin animasinya dengan pilih “Off” atau buat lebih lambat dengan pilih opsi yang lebih kecil, kayak “0.5x” atau “0.25x”.

2. Hapus Cache

Cache aplikasi nyimpen file-file buat bantu akses aplikasi jadi lebih cepet. Contohnya, pas kamu buka aplikasi media sosial, gambar, video, atau profil yang udah diunduh sebelumnya, disimpen di cache biar waktu muat aplikasinya lebih cepet. Cache yang kegedean bisa ngabisin ruang penyimpanan dan bahkan bikin HP jadi lelet lama-lama. Jadi, hapus cache secara rutin bisa bantu bebaskan ruang penyimpanan dan pastiin aplikasi tetep jalan mulus. Berikut Langkah-langkah untuk tips untuk meningkatkan kinerja HP yang kedua.

  • Buka Pengaturan
  • Cari opsi dan klik “Apps” atau “Aplikasi & Notifikasi”
  • Di situ, kamu bakal liat list semua aplikasi yang terinstal di HP kamu. Pilih aja aplikasi yang mau kamu bersihin cachenya.
  • Kamu akan melihat opsi seperti “Penyimpanan”.
  • Terdapat opsi “Cache”. Klik dan akan muncul pop-up konfirmasi. Klik “OK”.

 

Dengan 2 tips untuk meningkatkan kinerja HP yang udah kita bahas tadi, kamu bisa bikin HP- mu kembali responsif kayak baru lagi! Cukup matiin atau kurangi animasi, dan jangan lupa bersihin cache secara berkala. Dengan begitu, kinerja di HP jadi lebih lancar.

 

Valensia – UKDW’20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *