5 Fitur Tersembunyi di Smartphone yang Bisa Meningkatkan Produktivitas

Nah, siapa yang tahu, ponsel pintar kita mungkin punya trik-trik keren yang belum kita sadari. Di sela-sela desain yang keren dan aplikasi populer, banyak fitur keren yang bisa membantu meningkatkan produktivitas, tapi sayangnya sering luput dari perhatian. Yuk kita eksplorasi ponsel kita lebih dalam lagi! Dalam artikel ini, kita bakal bahas trik-trik keren yang bisa bikin pengalaman menggunakan smartphone jadi lebih seru, produktif, dan nggak bikin ribet!

1. Pengaturan Prioritas Notifikasi

Nah, ada nih fitur di Smartphone yang bisa meningkatkan produktivitas yang mungkin belum kamu ketahui, pengaturan prioritas notifikasi. Jadi, kamu bisa atur notifikasi biar muncul cuma dari aplikasi atau kontak penting aja. Ini bakal bantu kamu stay fokus pas lagi kerjaan, tanpa diganggu notifikasi yang nggak penting. Nah, buat yang penasaran gimana caranya, gampang kok! Ini langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke Pengaturan.
  2. Pilih “Pemberitahuan” atau “Notifications.”
  3. Pilih aplikasi yang ingin diatur.
  4. Sesuaikan pengaturan pemberitahuan sesuai keinginan kamu.

 

2. Pengaturan Waktu Layar

Ada fitur keren nih di ponsel yang bisa bantuin kamu ngatur waktu main HP sehari-hari. Kamu bisa pantau dan atur berapa lama kamu main ponsel tiap hari. Jadi, bisa nih bikin kamu sadar berapa lama yang kebuang buat hal-hal yang nggak produktif. Nah, begini caranya:

  1. Masuk ke Pengaturan.
  2. Cari opsi “Waktu Layar” atau yang serupa.
  3. Di situ, kamu bisa lihat laporan waktu penggunaan kamu.
  4. Ada juga opsi buat set waktu penggunaan maksimal tiap hari.
  5. Tinggal atur sesuai kebutuhan dan mulai pantau aktivitasmu!

 

3. Mode Do Not Disturb

Cek mode keren ini, guys! Mode Do Not Disturb bisa bikin ponsel kamu nggak gangguin sama notifikasi dan panggilan, kecuali dari kontak darurat yang udah kamu set sebelumnya. Bagus banget nih kalo lagi butuh fokus tanpa gangguan!

Caranya:

  1. Buka Pengaturan di ponsel kamu.
  2. Cari opsi “Mode Do Not Disturb” atau yang serupa.
  3. Aktifkan mode ini.
  4. Kamu bisa atur kontak darurat yang boleh nelpon atau SMS kamu pas mode ini aktif.

 

4. Mode Satu Tangan

Kalau kamu punya ponsel dengan layar lebar, seringkali bikin repot buat operasiinnya pakai satu tangan, kan? Tapi tenang aja, kebanyakan ponsel modern punya trik simpel buat ngebantu. Ada yang namanya “mode satu tangan”, yang bikin layar jadi lebih kecil biar lebih gampang dijangkau. Caranya:

  1. Buka pengaturan
  2. Cari aja opsi Mode Satu Tangan.
  3. Aktifkan mode satu tangan

 

5. Akses Cepat dengan Gesture

Nah, fitur di Smartphone yang bisa meningkatkan produktivitas selanjutnya adalah gerakan simpel buat akses fitur cepet. Ayo kita cek trik keren buat pake gesture di smartphone, yang bisa ngebantu hemat waktu dan tenaga kamu. Ini langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke menu Settings
  2. Cari menu System
  3. Pilh Gestures
  4. Cari opsi System Navigation
  5. Pilih Gesture Navigation

 

Itulah 5 dari sekian banyaknya fitur di Smartphone yang bisa meningkatkan produktivitas! Yuk, mulai eksplorasi ponsel kamu lebih dalam lagi dan manfaatkan fitur-fitur tersembunyi ini untuk mendukung aktivitasmu sehari-hari.

 

Valensia – UKDW’20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *