Gak nyangka kan kalo Xiaomi, yang terkenal banget lewat HP-nya, sekarang nyobain ke bisnis mobil listrik? Jadi, bulan Maret 2024 lalu, Xiaomi merilis mobil listrik pertamanya di China, namanya SU7. Xiomi yang dikenal sebagai produsen HP terbesar, kayaknya Xiaomi mau serius masuk ke industri otomotif. Lei Jun, CEO Xiaomi, bilang kalau SU7 kan jadi mobil paling keren dari segi penampilan, paling enak buat dibawa jalan, dan paling high-tech.
Kamu pasti akan terkejut kalau ke toko Xiaomi di China sekarang. Karena dari 26 toko Xiaomi di 29 kota, semuanya sudah berubah jadi showroom mobil.
Di sana, kamu bisa melihat model SU7 dalam warna Ocean Blue dan pilihan warna lainnya. Selain itu, Xiaomi juga sudah menyediakan aplikasi Xiaomi Car di toko aplikasi di China. Mobil ini harganya cuma di bawah 500 ribu Yuan, atau sekitar Rp 1,09 miliar untuk di Indonesia.
Ada yang sudah melihat desain SU7? Beneran keren, baik itu ponsel Xiaomi atau mobil Xiaomi, desainnya sangat orisinal. Nah, ada dua versi dari SU7 ini. Yang pertama bisa jalan sampe 668 km sekali charge, yang kedua bisa sampe 800 km. Keren, kan? Ini bisa ngalahin Tesla Model S yang cuman bisa 650 km.
Xiaomi sebenernya udah bilang niat mereka bikin mobil listrik dari tahun 2021. Mereka liat peluang banget di pasar mobil, apalagi pasar HP yang lagi sepi. Dan mereka punya ambisi besar, pengen masuk ke jajaran lima produsen mobil teratas di dunia. Sekarang aja, Xiaomi udah jadi vendor HP terbesar ketiga di dunia.
Jadi, nih, Xiaomi bukan cuma bikin HP lagi. Mereka udah siap goyangin pasar mobil listrik!
Di pabrik mereka yang bikin mobil listrik SU7, Xiaomi punya tingkat otomatisasi yang tinggi banget. Mereka pakai lebih dari 700 robot, termasuk yang bisa kerja otomatis untuk berbagai tugas. Makanya, bisa lebih efisien dan akurat, dan kurangin risiko kesalahan manusia.
Xiaomi bikin terobosan dengan teknologi die casting besar yang mereka pakai. Jadi, beda dari cara biasa yang pakai banyak komponen, teknologi ini bisa bikin bagian mobil jadi lebih besar dan rumit dari satu cetakan aja.
Xiaomi udah bikin mesin die casting besar sendiri yang disebut 9100T. Dengan mesin itu, mereka bisa buat bagian lantai belakang mobil SU7 dari satu cetakan aja, gantiin 72 komponen sebelumnya. Jadi, lebih efisien, karena bisa kurangin titik las sebanyak 840 dan waktu produksi sampai 45 persen.
Berkat otomatisasi tinggi ini, Xiaomi bisa bikin produksi mobil SU7 jadi super cepat. Mereka bisa hasilkan 40 mobil per jam, atau satu mobil tiap 76 detik. Dan tentunya, Xiaomi nggak main-main soal kualitas produk. Mereka punya sistem inspeksi kualitas yang ketat di pabrik mereka, karena mereka paham banget bahwa kualitas itu nomor satu buat pelanggan mereka.
Valensia – UKDW’20